Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Bukit Pergasingan Sembalun, Bukit Eksotik yang Menawan

Kerinduan pada alam nampak menyembul dan penuh di jiwaku. Beberapa hari kemudian saya mengajak istri dan teman-teman untuk mendaki bukit pergasingan di desa Sembalun. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 1.806 mdpl. Meski tidak terlalu tinggi, tapi bukit ini tidak kalah menyajikan pemandangan yang mendamaikan.

Summit bukit pergasingan kami mulai jam 3 pagi. Bersambut udara yang dingin perjalanan berlangsung asyik dan pastinya melelahkan. Melewati jalanan setapak kemudian melewati tangga-tangga yang mengantarkan menuju barisan pertama gundukan bukit pergasingan, nampak pemandangan indah  lampu-lampu rumah masyarakat yang  bertebaran di bawah sana. Angin sepoi sesekali mencium ubun-ubun yang segera mengantarkan damai dan tentram.

Bukit pergasingan adalah bukit dengan struktur kemiringan sekitar 120 derajat sehingga tidak terlalu curam untuk didaki. Bukit ini termasuk bukit yang subur, hal ini ditandai dengan begitu banyaknya pohon yang hidup di tempat ini. Bahkan puncaknya dipenuhi dengan pohon-pohon yang rindang.

Saya dan rombongan mendaki bukit pergasingan ini dengan metode tektok. Artinya naik hanya untuk menikmati sunset. Oleh karena itu tenda kami dirikan di bawaha, di salah satu lokasi ngecamp di dekat gerbang pendakian bukit pergasingan. Mekanisme ini kami pilih untuk meminimalisir beban saat melakukan summit. Menurut saya, ini adalah mekanisme yang cukup bagus terutama untuk pendaki yang memiliki stamina yang bagus.

Sampai di ketinggian 1200 meter, matahari sudah mulai menampakkan cahanyanya dari balik bukit. Pemandangan tersebut segera kami abadikan melalui mata lensa yang kami bawa. Semakin tinggi, pemandangan yang terbentang tambah aduhai. Pesona gunung rinjani yang gagah perkasa di hadapan serta bentang pepohonan dan berbaris bukit di seberang yang berlawanan menambah kesyahduan menikmati bukit ini.

Semakin meninggi dari ketinggian yang biasanya para pendaki mendirikan tenda, kita sampai pada punggung tebing yang sangat indah. Di sebelah selatan terbentang wajah renjani yang gagah perkasa, sementara di disebelah utara terbentang pantai kabupaten lombok utara yang membiru dalam kemesraan bersama langit. Sungguh pemandangan yang luar biasa. Entah berada gambar yang mengabadi di titik itu.

Beberapa meter dari tempat itu kami akhirnya sampai di puncak bukit Pergasingan yakni pada ketinggian 1806 mdpl. Mungkin memang tidak terlalu tinggi tetapi memori dan lukisan alam yang dipersembahkannya tidak kalah dengan gunung-gunung diatas dua ribuan mdpl. Berwisata ke sembalun dengan tujuan menikmati pendakian dengan track pendek, bukit Pergasingan bisa menjadi solusi. Lokasi yang dekat (sekitar 300 meter dari jalanan utama Sembalun), murah (10.000 per orang per malam), dan tentunya tak kalah indah. 

Post a Comment for "Review Bukit Pergasingan Sembalun, Bukit Eksotik yang Menawan"