Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekap Linimasa Google dan Logika Yaumul Hisab

Jika anda telah mengaktifkan layanan laporan perjalanan di layanan google, maka setiap awal bulan anda akan mendapatkan report perjalanan anda selama satu bulan, berupa kota yang dikunjungi, lama berkendara, bersepeda, dan tempat-tempat yang pernah anda singgahi. Awalnya laporan gugel tersebut biasa bagi saya, tetapi setelah sekian bulan berlalu, saya mulai melihat laporan rekap linimasa google sebagai gambaran kecil bagaimana logika hari hisab.

Hari Hisab dalam tradisi keagamaan Islam merupakan hal yang mutlak dipercayai. Pada hari itu, seluruh amal perbuatan seseorang akan diperhitungkan, dan diberikan balasan atas setiap tindakan yang mereka kerjakan. Tidak ada yang mampu berkilah, karena semua dalam pengadilan sang maha adil.

Bagaimana seseorang akan melihat amalnya di hari akhir? Barangkali, ilustrasi rekap linimasa gugel bisa menjadi gambaran, bahwa pada hari hisab, kita ditunjukkan buku besar kehidupan kita. Dan tak ada  satupun pernyataan dalam buku itu yang mampu kita sanggah. Tanggal ini berbuat baik, tanggal itu berbuat buruk, hari ini begini, hari kemarin begitu. Demikian gambaran bagaimana buku catatan kita akan disajikan.

Maka melihat kenyataan itu Allah telah memberikan gambaran dalam AL-Quran tentang hari hisab itu, bahwa pada hari itu mulut mereka terkunci, dan diperkenankan kepada tangan dan kaki mereka untuk menceritakan kemana saja mereka berbuat dan melangkah (Q.S. Yasin: 65). Kenyataan ini tentu akan menyadarkan kita bahwa tidak ada yang bisa berpaling dari keterangan yang telah Allah arsipkan pada papan besar kehidupan kita.

Demikianlah sejatinya yang kita rasakan saat melihat rekap linimasa gugel, bahwa setiap langkah kita, telah direkam dan saat kita membacanya kita mungkin akan tersenyum, atau sebaliknya menangis. Semuanya tergantung apa isi buku catatan linimasa kehidupan kita. 

Post a Comment for " Rekap Linimasa Google dan Logika Yaumul Hisab"