Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Rekomendasi Tempat Ngopi yang menyediakan Kopi Khas Lombok di Lombok Timur

 

Menjelajahi Lombok tentunya tidak melulu tentang tempat wisatanya. Kuliner juga tak kalah layak untuk dielaborasi. Salah satu produk kuliner Lombok yang menarik dicoba adalah kopi lokal khas Lombok yang belakangan banyak diproduksi oleh pegiat pengusaha kopi di Pulau Lombok. Ada kopi Sembalun, Kopi Solong, Kopi Kekete, Kopi Sajang, dan berbagai varian lain dari kopi khas Lombok. Nah dalam kesempatan ini, penulis akan memaparkan beberapa tempat ngopi yang menyediakan kopi khas Lombok yang berada di Kabupaten Lombok Timur.

1.       Peti Kemas Kotaraja


Peti Kemas merupakan warung kopi unik yang ada di desa Kotaraja kecamatan Sikur. Terdapat tidak jauh dari perempatan utama desa Kotaraja, warung kopi ini gampang ditemukan. Jika datang dari Paok Motong maka sampai di perempatan Kotaraja langsung lurus sekitar 400 meter. Kafe ini terletak di samping kiri jalan.

Kopi yang disediakan cukup beragam, ada Arabica dan Robusta. Terdapat kopi lokal seperti kopi Sembalun dan Kopi Solong. Selain itu, ada minuman kopi olahan yang dikemas modern seperti Vietnam Drift dan Dalgona.

2.       Kafe Kokoday Pringgasela

Tempat ngopi ini cukup representatif terutama bagi kawula muda yang hobi nongkrong dan berdiskusi. Tempatnya sejuk, di kelilingi pepohonan. Posisinya cukup tinggi dari persawahan yang membentang panjang. Ada sungai berair jernih yang nampak mengalir di bawah lokasi ngopi. Pengunjung bisa turun menikmati suasana sungai dan persawahan tersebut.

Pilihan kopi juga cukup banyak, ada kopi sembalun beserta kopi lokal lainnya. Tersedia juga kopi khas milenial seperti Vietnam Drift dan Dalgona. Bisa memilih Arabica atau Robusta. Selain pilihan kopi juga terdapa camilan dan makanan yang cukup beragam. Ngopi di tempat ini pastinya akan meningkatkan mood dan semangat untuk menjani hari-hari ke depannya.

3.       Warung Kopi Ulem-ulem

Tentu saudara tahu Tete Batu yang belakangan namanya populer karena mewakili Indonesia sebagai desa wisata dalam rangka mengikuti Lomba tingkat internasional. Nah, salah satu keunggulan desa wisata ini adalah tempat camping di batas hutan Rinjani di sebelah utara desa tersebut yang disebut Ulem-ulem.

Ulem-ulem, merupakan camping ground yang dikelola oleh pemerintah desa Tete Batu. Salah satu hal yang menarik di Ulem-ulem adalah kopi lokal yang disedikan di salah satu warung di pojok lokasi camping ground tersebut. Berada tepat di samping bendungan air terjun Ulem-ulem, menikmati kopi di tempat ini serasa sedang menyeruput oksigen dari jutaan pohon yang terbentang luas hingga menggapai badan gunung Rinjani. Ada nuansa yang meneduhkan, dan tentunya ada aroma kopi yang menghangatkan.

4.       Kopi Aur Sembalun

Warung Kopi Aur Sembalun terdapat di Sembalun Bumbung di pinggir jalan raya yang menghubungkan Sembalun Bumbung dengan Sembalun Lawang. Tempat ngopi ini tidak sulit ditemukan, cukup pelankan kendaraan setelah melewati Tulisan Puri Rinjani di tikungan yang mengarah ke kanan. Beberapa meter dari tempat tersebut di kiri jalan terdapat Warung Kopi Aur.

Menikmati kopi di tempat ini sungguh menentramkan, ada wajah Bukit Nanggi dan Semfana di seberang persawahan yang membentang di hadapan warung kopi tersebut. Ada pilihan kopi Sembalun tentunya. Selain itu, tempat ngopi ini juga menyediakan penginapan, sehingga jika anda menikmati kopi dan lupa waktu hingga senja tiba, bermalam di tempat ini juga tidak kalah serunya. Kopi di malam hari tentunya akan menjaring banyak inspirasi bukan?

5.       Kebon Kupi Sembalun

Ini adalah tempat ngopi yang belakangan sedang naik daun. Bertempat di Sembalun Bumbung tempat ngopi ini menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Terdapat di ketinggian 1277 Mdpl menjadikan tempat ngopi ini sebagai tempat ngopi tertinggi di Sembalun. Karena tempatnya yang cukup tinggi, menikmati kopi di tempat ini serasa di atas awan. Bentang langit yang seringkali diselimut kabut serta awan-awan putih yang menutup wajah bukit menjadikan ngopi di tempat ini sungguh mengundang tentram semesta.

Menyeruput kopi di tempat juga merupakan kekhasan tersendiri, karena tempat ngopinya dikelilingi oleh pohon-pohon kopi. Bubuk kopi yang disediakan tempat ngopi ini berasal dari biji-biji kopi pohonan tersebut. Karenanya, kita bisa melepas pandangan kita pada kopi yang hitam atau pada hijau daun dan biji kopi yang belum ranum.

Ada pilihan Arabica dan Robusta, serta minuman olahan kopi lainnya. Dan pastinya, rasa tak akan pernah menghianati.

Demikianlah 5 tempat ngopi yang menyediakan kopi lokal khas Lombok yang bisa kami hadirkan dalam tulisan ini. Tempat-tempat yang disebutkan ini adalah yang pernah penulis kunjungi, jadi mohon maaf jika ada tempat ngopi lainnya yang tidak penulis rekomendasikan karena keterbatasan pengetahuan penulis. Bagaimanapun kopi sesungguhnya tetaplah kopi mau dimanapun anda menyeruputnya.

Post a Comment for " 5 Rekomendasi Tempat Ngopi yang menyediakan Kopi Khas Lombok di Lombok Timur"