Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Jalur Gowes Terkeren di Lombok Timur

Bersepeda (gowes) menjadi salah satu olah raga yang semakin pupuler dewasa ini. Selain menyehatkan, bersepeda mampu memberikan hiburan tersendiri bagi pelakunya terutama jika jalur yang dilewati menyuguhkan pemandangan yang indah. Setiap pesepeda tentu sering merasakan, betapa mengayuh sepeda saambil melewati pematang sawah yang hijau atau perkasanya gunung yang biru menambah ketentraman di dalam jiwa. Nah, dalam tulisan ini akan dibahas 3 jalur bersepeda di Lombok Timur yang patut untuk dicoba.

1.       Jalur Otak Kokok Joben

Jalur menuju Otak Kokok Joben ini jika berangkat dari perempatan masbagik bisa melewati desa Lendang Nangka, atau melalui Paok Motong menuju ke Kotaraja. Track yang dilalui cukup menanjak. Ini memang karakter jalur kendaraan di pulau Lombok, indentik dengan dataran tinggi. Hal ini barangkali disebabkan karena adanya gunung Rinjani yang begitu tinggi dan luas. Meskipun cukup melelahkan melewati jalur ini, tetapi view yang diberikan oleh jalur ini dijamin waww!

Mulai dari memasuki desa Solong, aroma sawah dengan udara yang segar menyambut anda dengan bahagia. View pematang sawah dengan bentang gunung Rinjani kemudian akan menyapa persis setelah melewati gerbang pemandian kolam renang Joben. Melewati jalur ini seperti bersepeda di depan gunung Rinjani, indah nan mendamaikan. Jika anda melewati jalur ini perlu untuk mengajak teman, agar ada yang mengabadikan foto anda.

2.       Jalur Benteng Lendang Nangka Utara

Sebagaimana jalur yang menuju otak kokok Joben, jalur ini juga menawarkan tanjakan track yang perlahan. Maksudnya, tanjakan tidak nampak langsung tetapi perlahan dan bertahap. Hal yang paling menarik jika melewati jalur ini adalah view gunung Rinjani yang begitu memukau. Dari salah satu bagian jalan yang dilewati akan terbentang Gungung Rinjani dengan begitu gagah. Hamparan sawah yang hijau nan luas menambah pesona gunung Rinjani yang membiru itu. Ada aliran irigasi pengairan petani yang membelah tepat di tengah bentangan sawah, seolah sungai kecil yang turun dari gunung.

Penasaran dengan jalur ini? Silahkan dicoba. Jika datang dari Masbagik, terus saja ke utara, sampai desa Lendang Nangka. Dari desa Lendang Nangka belok ke utara ke arah Kembang Kuning. Sampai di Wilayah Benteng sebelum turunan yang menjadi perbatasan Lendang Nangka Utara dengan Desa Benteng, belok ke Kanan yang menuju ke arah Desa Peloman, Banok, Pengadangan dan lainnya.

3.       Jalur Ulem-ulem

Tentunya para goweser tahu betul bahwa di Ulem-ulem ini terdapat track bersepeda yang cukup populer. Namun demikian, saya menyarankan untuk menikmati gowes ke Ulem-ulem ini dengan megendarai sepeda dari Desa Lendang Nangka. Dengan jarak tempuh sekitar 1,5 Jam, bersepeda ke tempat ini dijamin menyehatkan. Selain itu, pemandangan yang luar biasa siap menyambut para pesepeda yang berminat melewati jalur ini. Meskipun karakter jalur seperti umumnya jalur di pulau Lombok yakni meninggi, tetapi perasaan tenang setelah keringat meleleh di tubuh serta mata yang segar karena hijau dedaunan, tentunya menjadi bayaran cash setiap lelah yang lahir dari kayuhan kaki.

Ada bentang Gunung Rinjani di sebelah utara, dan tentunya hutan gunung Rinjani yang masih asri juga langsung menjadi pemandangan di samping jalur yang dilewati. Jika bersepeda di tempat ini, anda juga tidak boleh lupa untuk menikmati kopi khas Lombok yang tersedia di dekat Waduk Ulem-ulem yang merupakan tampungan dari air terjun Ulem-ulem.

Demikianlah 3 jalur gowes terkeran yang ada di pulau Lombok, khususnya di Lombok Timur. Jika anda berekenan untuk menikmati pesona dan sensasi bergpwes di Lombok Timur, bisa menghubungi kami melalui kontak Blog ini.