Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Youtbuer atau Blogger? Ini 10 Keunggulan Blogger!

 


Istilah youtuber mengacu kepada para penyedia konten di kanal Youtube, tetapi secara spesifik youtuber diasosiasikan pada orang-orang yang mendapatkan penghasilan dari membuat konten di Youtube. Sementara itu, Blogger merupakan pembuat konten blog atau tulisan tentang topik tertentu. Biasanya isi konten sesuai dengan kesukaan dan minat seorang pengelola blog.

Secara usia platfom blog jauh lebih tua daripada youtube, namun demikian ketika youtube masuk program monetisasi adsense, banyak orang yang lebih memilih bergelut di youtube dari pada di blogger, bahkan banyak blogger yang memutuskan untuk pindah profesi menjadi seorang youtuber. Hal ini karena youtube dipandang lebih menjanjikan secara finansial dari pada blog.

Nah, ketika banyak blogger yang pindah lahan menuju youtube, beberapa orang yang belum ikut berafiliasi kepada dua profesi tersebut mempertanyakan, menjadi youtuber atau blogger? Atau ada pula blogger yang masih pemula mulai bimbang dengan mengajukan pertanyaan yang sama. Pada kesempatan ini penulis sebagai seorang blogger yang sudah cukup lama menggeluti dunia blog (10 tahun), akan memberikan pandangan subjektif seputar kelebihan blog daripada youtube.

1.       Anggel dalam membuat konten Youtube cuma satu untuk satu peristiwa. Sedangkan di konten Blog satu peristiwa bisa beragam anggel.

Kita tentu memerlukan anggel yang bagus dalam mendesain sebuah topik. Baik dalam tulisan ataupun video, anggel tentunya sangat penting. Dalam konteks sajiannya, anggle di youtube cendrung hanya menggunakan satu anggel karena video tidak mungkin disajikan pada potongan potongan yang beragama. Sementara di blog, satu peristiwa bisa menjadi beberapa artikel dengan anggel yang beragam dan bisa menarik perhatian.

2.       Youtuber mengandalkan visual, sedangkan Blogger mengandalkan nalar dan olah pikir.

Telah maklum diketahui bahwa membaca mendorong seseorang meningkatkan kecerdasannya. Semakin membaca seseorang akan mendapatkan kemampuan berpikir yang baik. Hal ini sulit ditemukan di konten Youtube.

3.       Secara kesehatan, Tayangan video lebih berbahaya bagi mata dari pada susunan kata.

4.       Jumlah Youtuber lebih banyak daripada Blogger

Data menunjukkan bahwa per 2017 Youtuber tercatat menembus angka puluhan juta pengguna. Sedangkan Blogger hanya tercatat yang aktif sekitar 5 juta blogger. Ini berarti persaingan di dunia blogger lebih rasional daripada di Youtube. Ini bisa kita lihat juga dari sekian youtuber sukses, nama yang masuk Cuma itu-itu saja. Artinya dominasi penghasilan hanya pada beberapa kalangan semata. Ini tentunya berbeda dengan yang terjadi di dunai Blogger.

5.       Seorang Blogger bisa mengintegrasikan sumber referensi ke situs ternama (wikipedia.com misalnya), sementara youtuber tidak.

6.       Waktu membuat tulisan lebih singkat daripada waktu mengedit video. Ini artinya seorang Blogger bisa membuat konten lebih cepat dari pada youtuber. Timing dalam membahas sebuah isu penting diperhatikan terutama bagi youtuber atau blogger yang mengejar isu-isu viral.

7.       Modal membuat konten Youtube lebih mahal dari pada membuat konten blog

Harga kamera, perangkat audio, dan perangkat lainnya sangat dibutuhkan oleh youtuber. Alat-alat tersebut menguras kantong cukup dalam sehingga menjadikan konten youtube cendrung mahal. Ini belum hitungan biaya paket internet untuk mengupload konten di kanal Youtube. Adapun Blog cukup dengan riset sederhana, dan satu gambar yang relevan, sebuah konten bisa dipublikasikan.

8.       Dihadapan bahu raksaas Google, blogger tentunya lebih punya tempat daripada youtuber.

Perebutan papan utama (page one) di papan google tentu menjadi dambaan setiap pembuat konten. Nah di papan pencari google biasanya referensi yang disodorkan adalah halaman web atau blog tertentu, baru halaman youtube.

9.       Penayangan iklan di Youtube lebih sering menyakiti penikmat konten dari pada tayangan iklan di blog. Ini karena iklan di youtube akan mengambil layar secara penuh, sementara iklan di blog hanya akan tampil pada space yang telah ditentukan. Artinya tayangan konten blog lebih bisa dinikmati meski dengan iklan dari pada di youtube yang seringkali iklannya memotong keseruan penikmat konten dengan tayangan iklan.

10.   Untuk monetisasi, Youtuber membutuhkan jumlah subscriber tertentu, sementara di blogger tidak.

Memiliki youtube atau blog yang sudah dimonetisasi google adsense tentu menjadi impian para pembuat konten. Nah dalam hal ini proses monetisasi di blogger jauh lebih gampang dan sederhana dari pada di Youtube. Ini karena youtube menerapakn syarat jumlah pelanggan (subscriber) yakni minimal 1000 subscriber. Syarat ini tidak ada di blogger yang tentunya akan mempermudah proses teman-teman blogger.

Demikianlah 10 keunggulan blogger daripada youtuber yang tentunya bersifat subjektif semata karena hanya mengacu pada pengalaman penulis pribadi. Teman-teman yang lain barangkali memiliki pandangan yang berbeda dengan tulisan ini, silahkan saja. Pada prinsipnya, mau jadi blogger ataupun youtuber tidak masalah, yang terpenting adalah terus berkarya.    

 

Post a Comment for " Youtbuer atau Blogger? Ini 10 Keunggulan Blogger!"