Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menyebrang dengan Kapal DLN Oasis / Batul Layar dari Lombok? Ini Tips Murah Rapid dan Hemat Waktu

Tempo hari saya melakukan penyebrangan kapal dari Lombok ke Surabaya Jawa Timur. Telah maklum diketahui bahwa kapal Lombok tujuan Surabaya kini telah banyak yang buka rute, baik dari Lombok ke Surabaya ataupun sebaliknya. Untuk saat ini ada dua kapal yang rutin membuat jadwal keberangkatan rute tersebut yakni KMP DLN Oasis dan KMP DLN Batu Layar, Sejatinya kedua kapal ini bernaung di bawah perusahaan yang sama, yakni PT. Damai Lautan Nusantara.

Baiklah jika anda ingin tahu lebih banyak tentang kedua kapal tersebut silahkan di searching di Google profile keduanya, atau bisa langsung di Youtube, kalau tidak salah, review dua kapal ini sudah sangat banyak di kanal video tersebut.

Pada tulisan ini saya akan berbagi tentang bagaimana prosedur lengkap pembelian tiket melalui dermaga Lombok, ini sangat penting biar bisa hemat waktu dan tidak bolak-balik dari kantor menuju ruang tunggu pelabuhan, dan kembali lagi ke kantor penjualan tiket.

Perlu diketahui bahwa penjualan tiket penyebrangan untuk tujuan surabaya dengan dua kapal ini tidak dilaksanakan di pelabuhan, tetapi di kantor perusahaannya yang berada di Jalan Lintas, Lembar, Kabupaten Lombok Barat. Posisinya berada di sebelah kanan jalan sekitar 20 meter sebelum sampai di pertigaan yang mengarah ke pelabuhan penyebrangan ke arah Bali.

Secara administratif, syarat melakukan penyebrangan ke pulau Jawa berlaku nasional di saat pandemi ini bahwa setiap penumpang harus sudah melakukan tes rapid antigen dan telah divaksin. Jika belum melakukan dua hal tersebut mending tunda keberangkatan dahulu daripada bingung di tempat penjualan tiket nantinya.

Nah untuk tes antigen, saya sarankan untuk melakukan tes antigen di pelabuhan saja, selain harganya yang lebih murah (85ribu), juga agar lebih hemat waktu karena bisa langsung melakukan validasi surat rapid antigennya. Perlu diketahui, bahwa surat hasil tes rapid dari luar pelabuhan tetap harus divalidasi oleh pihak pelabuhan.

Setelah validasi tes rapid, anda bisa kembali ke kantor penjualan PT DLN Oasis dan melakukan pembelian tiket. Ohya, sebelumnya pastikan foto kopi KTP dan STNK (jika bawa kendaraan) karena akan diminta sebagai berkas persyaratan pembelian tiket. Jika tidak sempat mengkopi dari rumah, bisa di kantor tetapi dikenai biaya Rp. 1000.

Penting untuk dicatat dan dipantau melalui media sosial (Instagram) jadwal keberangkatan kapal ini setiap harinya, karena kadang meskipun sudah diinformasikan setiap awal bulan, tetapi setiap harinya kadang mengalami perubahan jam keberangkatan.

Setelah mendapatkan tiket kapal silahkan ke pelabuhan, tetapi perlu kembali dicatat bahwa penyebrangan kapal ini khusus di pelabuhan sebelah selatan. Rutenya tinggal lurus saja dari jalanan tempat beli tiket tadi (tidak ke penyebrangan yang ke arah Bali).

Jam keberangkatan saat saya menyebrang adalah jam 20.00 mulai bongkar muat, dan berangkat pada pukul 00.30 WITA.   

sumber gambar: akun instagram damai_lautan_nusantara

Post a Comment for " Menyebrang dengan Kapal DLN Oasis / Batul Layar dari Lombok? Ini Tips Murah Rapid dan Hemat Waktu"