Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Khutbah Juma’at Singkat; Berdoa Adalah Ibadah

 


Jamaah sidang Jumat yang dimuliakan Allah

Berdoa adalah cara seorang muslim memohon kepada Tuhannya apapun yang menjadi kebutuhan dan harapannya. Dalam Al-Quran Allah memerintahkan hambanya untuk berdoa. Hal ini sebagaimana dikatakan dalamAl-Quran surat al-Ghofir ayat 60:

وقال ربكم أدعوني أستجب لكم إن الذين يستكبرون عن عبادتي سيدخلون جهنم داخرين

Berkata Tuhanmu, berdoalah maka aku aku perkenankan kepadamu. sesungguhnya orang yang sombong dan tidak mau berdoa (beribadah) kepadaku maka dia akan masa neraka dengan secara hina dina.

Rasulullah saw memaknai ayat ini dengan sabdanya: addua’ huwal ibadah. doa adalah ibadah. Sahabat Anas bin Malik juga ketika ditanya tentang makna ayat ini, “apakah berdoa itu setengah ibadah?” maka Anas menjawab: “Bahkan berdoa itu seluruhnya adalah ibadah”.

Bapak ibu sidang jumat yang dimuliakan Allah

Setidaknya ada tiga makna yang bisa kita ambil dari ayat ini. Pertama, Allah pasti akan mengabulkan setiap doa. Hal ini sebagaimana yang Allah tegaskan juga dalam surat Al-Baqarah ayat 186 yang berbunyi: ujibu da’watadda’i idza da’ani.. “aku mengabulkan doa orang yang mau berdoa kepadaku.”

Kedua, makna ayat tersebut adalah berdoa itu ibadah. Artinya, seseorang yang berdoa kepada Allah berarti dia sedang beribadah. Dengan kata lain berdoa adalah satu bentuk ketaatan, yang artinya saat orang berdoa, Allah sudah memberinya pahala ibadah, terlepas dari terkabul atau tidaknya setiap doa.  

Bapak ibu sidang jumat yang dimuliakan Allah

Ketiga, makna yang bisa dipetik adalah oroang yang tidak mau berdoa adalah orang yang sombong. Termasuk dalam makna ini adalah orang yang berdoa ketika hanya butuh semata adalah orang yang sombong, menganggap tidak membutuhkan Allah setiap waktu. Oleh karerna itu hendaklah setiap waktu kita isi dengan berdoa.

Lantas bagaimana jika doa yang senantiasa terus menerus kita panjatkan tapi tak kunjung dikabulkan? Imam Ibnu Athoillah dalam kitabnya Al-Hikam menjelaskan:

لا يكن تأخر أمد العطاء مع الإلحاح في الدعاء موجبا ليئسك وهو ضمن لك الإجابة في ما يختاره لك لا في ما تختار لنفسك وفي الوقت الذي يريد لا في الوقت الذي تريد.

Jangalah berputus asa saat doa yang terus engkau panjatkan berulang-ulang tidak jua terkabul. Sesungguhnya Allah telah menjamin untuk mengijabah doa, tapi pada apa yang Allah pilih untukmu, bukan pada apa yang engkau pilih untuk dirimu sendiri, dan pada waktu yang Allah tentukan, bukan pada waktu yang kamu inginkan.

Bapak ibu yang berbahagia

Pernyataan Ibnu Athoillah ini menunjukkan bahwa masalah terkabulnya doa adalah hak preogratifnya Allah. Manusia hanya diperintahkan untuk senantiasa berdoa.

Semoga kita menjadi hamba Allah yang senantiasa berdoa dan beibadah kepada-Nya di sepanjang waktu kita. 

Post a Comment for "Khutbah Juma’at Singkat; Berdoa Adalah Ibadah"