Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips Memilih Tempat Duduk di Kapal Laut

Salah satu moda transportasi umum yang kini banyak digandrungi terutama oleh para traveler adalah Kapal Laut. Terbukanya berbagai akses tol laut yang menghubungkan pulau-pulau di nusantara ini mendorong para traveler untuk menggunakan mode transportasi tersebut. Terkadang bepergian dengan kendaraan yang sedikit lambat seperti kapal laut, bukan hanya karena alasan materi yang kurang, tetapi karena memang ingin menikmati suasana yang tentram. Namun jangan sampai saat anda ingin menikmati suasana, justru anda menjadi tidak bisa menikmati perjalanan.   

Penulis sendiri telah berkali-kali menggunakan kapal laut untuk berkunjung dari dan ke pulau Lombok. Biasanya saya menaiki kapal jurusan Lombok-Surabaya, atau terkadang jurusan Lombok-Banyuwangi. Waktu yang panjang (sekitar 22 jam) dan dengan area yang cukup luas, tentunya harus bisa memilih tempat yang tepat agar bisa menikmati perjalanan dengan kapal laut. Nah, dalam kesempatan ini saya ingin memberikan saran dan tips memilih tempat duduk saat menaiki kapal laut.

1.       Memilih posisi yang nyaman

Posisi nyaman tentunya akan berpengaruh pada mood kita saat di perjalanan. Ini penting agar kita bisa menikmati perjalanan yang cukup panjang. Ukuran kenyamanan ini juga bisa dilihat dari adanya tempat charger Gadged di dekat tempat duduk.

2.       Memilih posisi yang cukup ramai

Terkadang banyak penumpang yang memilih duduk di emperan kapal karena menghindari keramaian. Hal ini tentu tidak sepenuhnya salah, tetapi anda mungkin perlu melihat keramaian perspektif lain. Tidakkah kita menyadari adanya orang-orang di sekeliling akan membantu kita mengawasi barang-barang bawaan kita. Artinya keberadaan penumpang lain bisa menjadi keuntungan secara keamanan barang.

Hal ini juga akan membantu traveler bisa berkeliling kapal tanpa harus membawa barang-barang bawaan kemana-mana, cukup tinggalkan di tempat duduk yang banyak orangnya tadi. Tetapi perlu menjadi catatan, tindakan ini boleh dilakukan setelah anda berkenalan dengan orang-orang di sekeliling anda. Tanpa mengenal mereka lebih dahulu, jangan coba-coba meninggalkan barang anda secara sepihak apalagi barang-barang yang tergolong memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

3.       Hindari berada di dekat kantin

Mungkin memang asyik bisa duduk dekat kantin agar bisa sewaktu-waktu berbelanja, tetapi anda mungkin perlu memikirkan beberapa resikonya, misalnya dengan keberadaan anda di dekat kantin, tentu anda akan lebih boros berbelanja. Ini perlu dihindari terutama bagi para traveler dengan baudget pas-pasan!

Selain itu, posisi dekat kantin adalah posisi yang banyak orang kunjungi. Artinya penumpang-penumpang lain akan sewaktu-waktu datang ke kantin untuk berbelanja. Keberadaan mereka tentu bisa menggangu istirahat anda, juga berpotensi membuat barang-barang bawaan anda tidak aman.

4.       Jangan duduk dekat toilet

Tentunya toilet akan selalu ramai saat berada di Kapal. Oleh karena itu lalu lalang penumpang pastinya akan mengganggu istirahat anda. Belum lagi aroma tidak sedap yang tentunya akan dihadirkan toilet saat pintunya terbuka oleh pengunjung yang menggunakannya.

5.       Hindari duduk di emperan

Kalaulah seandainya di ruang penumpang penuh, semampunya jangan sampai duduk di emperan. Alasan kesehatan menjadi utama dalam hal ini. Angin laut apalagi malam hari tidak baik untuk tubuh, oleh karena itu mending memilih sudut-sudut yang masih tersisa di dalam dari pada menempati emperan.

6.       Pilihlah tempat duduk yang bisa diawasi CCTV

Keamanan barang para traveler tentu hal yang penting dalam bepergian. Nah tips ini bisa dicoba untuk mengamankan barang-barang traveler dengan memaksimalkan CCTV yang ada di kapal. Setiap kapal apalagi yang baru-baru saat ini pasti menggunakan fasilitas pengawasan kamera keamanan. Memilih tempat duduk di area yang terpantau CCTV bisa meminimalisir kehilangan, dan meskipun misalnya kehilangan, bisa menggunakan rekaman CCTV untuk menemukan plakunya.

7.       Menyewa kamar (jika mampu)

Saran terakhir ini cukup ampuh sejatinya. Ini adalah opsi paket lengkap, karena dengan menyewa kamar seluruh poin-poin diatas otomatis terpenuhi. Nah, jika anda punya budget lebih dalam berkendara menggunakan kapal laut, menyewa kamar adalah langkah tepat untuk bisa menikmati perjalanan dengan menyenangkan dan tidak was-was perihal keamanan.

Sekian 7 tips memilih tempat duduk di kapal. Poin-poin ini tidaklah memaksa, anda bisa melakukan ijtihad sendiri sebagai seorang traveler handal! hehe. Yang jelas, berpergian dengan menggunakan kapal laut memang menyenangkan, kita bisa menikmati sunrise dan sunset serta bisa berkenalan dengan banyak orang dari berbagai belahan daerah di dunia ini.

Post a Comment for "7 Tips Memilih Tempat Duduk di Kapal Laut"