Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Rekomendasi Camping Ground Keluarga di Sembalun Lombok Timur

Menikmati alam adalah salah satu cara mengisi liburan yang belakangan semakin ngetrend di kalangan warganet. Kecendrungan untuk menikmati suasana tidak terlepas dari trand pamer foto di platform media sosial untuk mengumpulkan pundi like, maupun hanya untuk meningkatkan citra diri. Salah satu lokasi wisata alam yang belakangan berkembang sangat pesat adalah Sembalun, desa di bawah kaki gunung Rinjani yang masuk dalam kecamatan Lombok Timur.

Ada banyak tempat wisata yang bisa dinikmati di Sembalun, seperti menyeruput kopi khas Sembalun, memetik stroberry, atau melakukan pendakian gunung Rinjani, maupun bukit-bukit di sekitarnya.  Bagi sebagian kalangan mengunjungi Sembalun mungkin hanya dalam rangka mendaki gunung Rinjani, tetapi belakangan bermunculan area-area perkemahan yang lebih populer dengan istilah Camping Ground. Area tersebut banyak terdapat di pinggir-pinggir jalanan sepanjang Sembalun Bumbung hingga Semabalun Lawang. Memanfaatkan view bukit-bukit yang berjejer, Camping Ground tersebut seolah berhasil menjadi wahana yang banyak menarik wisatawan.

Tuntutan untuk melakukan Camping tanpa proses tracking yang panjang dan melelehkan dipilih saat keinginan untuk berkemah namun tetap ingin berkumpul bersama keluarga. Akhirnya lahirlah konsep camping ground yang ramah keluarga.  

Tulisan ini akan membahas 5 area perkemahan (camping ground) ramah keluarga yang penulis rekomendasikan jika berkunjung ke Sembalun.

Kebon Kopi Sembalun

Lokasi ini bertempat di Jalan pariwisata Gunung Rinjani Sembalun Bumbung. Seperti namanya, tempat ini sejatinya merupakan kebun kopi yang seiring waktu didesain menjadi tempat camping. Berada di ketinggian  1277 Mdpl, tempat ini dipenuhi dengan tanaman kopi Arabica yang khas Sembalun.

Untuk bermalam di tempat ini terdapat beberapa titik yang bisa dijadikan lokasi perkemahan. Pun juga terdapat Gazebo yang memiliki kamar bagi tamu yang mungkin tidak terbiasa tidur di tenda.

View yang bisa didapatkan dari tempat ini adalah pemandangan bukit Nanggi, dan Sempana yang terbentang indah di sebelah selatan. Bentang persawahan yang dipenuhi sayuran nampak seperti padang hijau yang menentramkan.


Bermalam di tempat ini akan lebih indah jika dilakukan pada tengah bulan Qomariyah yang artinya akan bisa menikmati malam purnama dari bukit ini.

Fasilitas yang disediakan di tempat ini adalah Gazebo dan Kamar mandi. Adapun perlengkapan tenda dan lain-lainnya belum tersedia sehingga bagi para pengunjung yang ingin bermalam disini dipersilahkan membawa alat-alat sendiri. Bagi yang penasaran dengan suasana menginap disini bisa langsung hubungi pengelolanya di tautan berikut: Kebun Kopi Sembalun

 Hajj Maulia Resto and Camping Ground

Tempat camping satu ini masih sangat perawan, eh? masih sangat baru masudnya. Iya, tempat ini Lounching pada 13 Mei lalu. Karena baru, tentu fasilitas yang disediakan juga serba baru ya. Namun meski baru, view yang ditawarkan di tempat ini juga tidak kalah bagus dengan area camping lainnya. Di depan lokasi ini terhampar persawan penduduk yang menghijau yang dibatasi dengan jalan raya. Juga bebukitan yang berbaris di kejauhan menambah view yang aduhai dari tempat ini.

Lokasi Hajj Maulis Resto and Camping Ground cukup mudah diakses. Terdapat di jalan raya utama Sembalun di samping kiri setelah turun dari Pusuk. Untuk mencari tempat ini tinggal pelankan kendaraan saat sudah sampai rumah adat Sembalun, maka akan jelas terlihat di samping kiri Hajj Maulia Resto and Camping Ground.


Fasilitas yang disediakan tempat ini juga cukup lengkap, ada gazebo, musholla, kantin, dan aula. Adapun yang berkeinginan untuk melakukan camping, cukup mengambil paket yang telah disediakan pengelola ada paket empat orang yang seharga 300 ribu dengan fasilitas tenda, sleeping bag, matras, kasur, sarapan, dan kopi. Ada juga paket dua orang seharga 200 ribu dengan fasilitas yang sama.


Dan bagi para wisatawan yang ingin ngecamp dan membawa alat-alat sendiri, maka cukup dengan membayar biaya retribusi sebesar 25.000 per orang.

Bagi yang berminat untuk melakukan camping bersama keluarga, silahkan hubungan pengelola melalui tautan berikut: Hajj Maulia Resto and Camping Ground

Sahabat Rinjani

Sahabt Rinjani sebenarnya adalah bascamp tempat para pendaki Gunung Rinjani singgah sebelum melakukan traking pada pagi hari. Namun pengelola menyedian penginapan dan area camping bagi yang ingin menikmati suasana berkemah tanpa harus traking jauh ke ketinggian Rinjani.



Area perkemahan ini menurut penulis adalah yang paling dalam masuk mendekati hutan Rinjani, berdampingan dengan penginapan Savana Rinjani yang juga menyediakan area camping. Keunggulan Sahabat Rinjani adalah view yang langsung menghadap ke puncak Gunug Rinjani, sehingga seolah tenda kita berada persis di hadapan badan kekar gunung Rinjani.



Fasilitas yang disediakan di tempat ini juga cukup lengkap, ada tenda dengan perangkat alat-alat yang menyertai, kamar mandi, musholla, kantin. Bagi para wisatawan yang ingin menginap di tempat ini bisa memilih paketan yang disediakan pengelola yakni dengan harga yang cukup kompetitif yakni 150 ribu untuk 2 orang dengan fasilitas 1 tenda (isi 2 atau 4), masing-masing orang mendapatkan matras, sleeping bag, sarapan, dan kopi. 

Bagi yang berminat untuk melakukan camping di tempat ini bisa menghubungi pengelola melalui tautan berikut: Sahabat Rinjani Camping Ground

R   Review tentang tempat ngecamp satu ini bisa dibaca disini: Sahabat Rinjani, Area Camping di batas Hutan Rinjani

Pesona Sembalun

Pesona Sembalun merupakan tempat ngopi sekaligus tempat rehat dan camping area. Tempat ini terdapat di Jalan Raya Sembalun Lawang – Sembalun Bumbung, Sembalun Bumbung. Tempat ini sangat mudah dijangkau karena berada persis di pinggir jalan raya utama. Sejalur dengan Hajj Maulia Resto and Camping Ground.



Pesona Sembalun memiliki keunikan kopi arabica dan robusta yang memikat lidah. Bisa dicoba saat singgah di tempat ini ya. Ohya, untuk view yang bisa dinikmati dari camping area ini sama seperti yang bisa kita nikmati dari Hajj Maulia ataupun Kebon Kupi Sembalun.



Fasilitas yang disediakan ada kamar mandi, musholla, ruang ngopi indor, dan outdor, serta parkir kendaraan untuk roda dua dan empat. Biaya camping di tempat ini berdasarkan pengalaman penulis adalah gratis, cukup membeli makanan di kantin pengelola.

Adapun alat-alat camping sepertinya tidak disediakan pengelola, jadi harus membawa sendiri bagi wisatawan yang mau berkemah.  

Bagi yang ingin menikmati ngecamp di tempat ini bisa langsung ke tempat ini. Info lebih lanjut di Pesona.sembalun

Rautani Guest House

Area satu ini sebenarnya merupakan area penginapan, namun lokasi yang sangat luas membuat tamu bisa mendirikan tenda di sekitar penginapan. Namun demikian camping bisa dilakukan disini jika telah memesan penginapan untuk keluarga. Lokasi ini berada di jalan Lendang Luar, Sembalun Lawang. Posisi lokasi ini agak masuk ke dalam meski tidak terlalu jauh.



Untuk ke tempat ini petunjuknya dengan belok kanan pada pertigaan sebelum Kantor Polisi Resort Sembalun. Masuk sekitar 50 meter, sudah sampai di lokasi.

View yang bisa dinikmati dari camping area ini adalah bukit Pergasingan yang sangat dekat dengan lokasi, juga nampak puncak Gunung Rinjani di kejauhan. Biasanya Rautani Guest House menjadi tempat singgah para pendaki mendaki ke bukit Pegasingan. Selain itu teradapat kebun apel yang cukup luas sehingga mendamaikan mata yang memandang.


Fasilitas yang disediakan, ada kamar menginap, gazebo, kamar mandi, paket wisata petik apel dan strawbery. Untuk menginap di tempat ini bisa menghubungi pengelola melalui tautan berikut: Rautani Guest House

Demikianlah 5 rekomendasi camping gorund keluarga di Sembalun semoga bermanfaat dan selamat berlibur.    



Post a Comment for "5 Rekomendasi Camping Ground Keluarga di Sembalun Lombok Timur"