Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Air Terjun Romantis di Pulau Lombok

Menikmati air terjun memang selalu mendamaikan, perpaduan suara alam dan hijau semesta menjadi kombinasi yang ampuh untuk membunuh rasa penat yang sesak di dalam dada. Salah satu wisata di pulau Lombok yang banyak dicari selain pantainya adalah wisata air terjun. Untuk bidang wisata satu ini, Lombok memiliki banyak sekali stok air terjun.

Pada tulisan kali ini, saya akan membagikan pengalaman saya menjelajahi sudut-sudut air terjun di pulau Lombok. Berikut akan saya sebutkan 5 air terjun rekomended bagi yang ingin menikmati air terjun bersama pasangan (yang halal tentunya iya! hehe). Itulah mengapa dalam tulisan ini judul yang diambil adalah air terjun romantis, karena menurut penulis, judul ini tepat berdasarkan pada suasana dan akses menuju kesana. Bukan berarti air terjun selain lima ini tidak romantis ya, karena sejatinya tergantung yang mengunjungi.

Berikut 5 rekomendasi Air terjun di Lombok yang layak dikunjungi saat bulan madu. hehe.

Air Terjun Jeruk Manis

Air terjun Jeruk Manis merupakan air terjun yang terdapat di desa Kembang Kuning Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur. Lokasi air terjun ini sekitar 24 KM dari kota Selong. Terdapat di tengah hutan Lindung, air terjun ini menawarkan damai dari rimbun pepohonan yang menyelimuti. Untuk mengakses air terjun ini, para pengunjung akan melakukan treking sekitar 1,5 KM dari tempat parkir kendaraan. Perjalanan menuju air terjun melewati hutan lindung yang cukup lebat, sehingga banyak kera yang sesekali ditemui.



Ada 3 pemberhentian / tempat istirahat hingga sampai di lokasi air terjun yakni pos I, II, III. Di sediakan gazebo di setiap pos istirahat tersebut. Menikmati jalan setapak, bersama pasangan halal anda, tentu akan menambah romantisme yang akan memupuk perasaan cinta di dalam jiwa.

Ohya, mengunjungi air terjun ini tidak hanya tuntas pada air terjun saja ya. Tentu pembaca tahu bahwa desa Kembang Kuning merupakan desa wisata yang belakangan cukup populer karena menjadi juara satu desa wisata tingkat nasional. Ada banyak tempat wisata yang bisa dieksplor di desa ini, termasuk air terjun lainnya. Dan tentu saja keramahan warganya menjadi taya tarik wisata yang layak anda coba. 

Air Terjun Otak Kokok Joben   



Otak kokok Joben terletak di desa Joben kecamatan montong gading. air terjun ini sangat populer dikalangan masyarakat Lombok. masyarakat mempercayai berendam di air terjun ini akan memberikan efek medis yakni kesembuhan bagi penyakit tertentu yang diidap seseorang. Meski tidak terlalu tinggi, air terjun ini menawarkan air yang sangat jernih dengan kolam pancuran yang bisa digunakan berendam seukuran pinggang orang dewasa. terasa mengasyikkan apalagi ditemani pasangan halal anda ya!

 

Air Terjun Benang Kelambu

Air terjun yang satu ini sudah populer dikalangan wisatawan. Sepertinya dari sisi view dan kejernihan, air terjun inilah yang nomer satu. Namun tak hanya karena view dan kejernihannya, air terjun ini menyimpan romansa yang indah jika dinikmati bersama pasangan. Posisi yang terletak di pedalaman yang bisa diakses dengan berjalan kaki sekitar 15 menit atau naik ojek khusus pengelola wisata membuat air terjun ini sangat eksotis.

Air terjun ini sekomplek dengan air terjun benang stokel yang ditemui lebih dulu saat melakukan traking dengan berjalan kaki ke lokasi yang dimaksud.

Air Terjun Mangku Sakti

Air terjun ini yang paling berbeda dengan posisi yang cukup dalam. Akses ke air terjun ini cukup menantang. sebagian besar jalur sudah tertutup ilalang, mungkin karena lama lockdown, sejak Gempa yang kemudian disambung saat pandemi Covid-19. Karena cukup lama ditinggal, tempat parkiran menuju air terjun ini sudah tidak terawat, bahkan jalur kecil yang hanya bisa dilewati sepeda motor, nampak telah rusak dan terputus karena hempasan air hujan. Kedepannya mungkin pengelola akan melakukan perbaikan semoga saja.


Saat mengunjungi air terjun ini, saya bersama istri saya melewati jalur yang cukup ekstrim. tetapi mungkin karena cinta, cie... kami bisa menuntaskan track yang cukup menantang, dan sampai pada lokasi air terjun yang sangat cantik. perjalanan dari tempat parkir menuju air terjun kami habiskan sekitar 20 menit. Ini karena tempat parkir kami bukan di tempat parkir seharusnya saat kondisi normal.

menikmati air terjun ini akan sangat indah dan romantis jika bersama pasangan halal ya. bayangkan saja melewati pepohonan yang rindang dengan ilalang yang terhampar serta dengan tangan pasangan yang hangat, tentu akan lebih mengasyikkan ya.

Air Terjun Sendang Gile

Air terjun sendang Gile berada di desa Bayan Kabupaten Lombok Utara. Air terjun ini memiliki ketinggian yang cukup tinggi. untuk mengakses lokasi ini dibutuhkan perjalanan dari kota mataram sekitar 2 jam. Kemudian traking dari tempat parkir ke area air terjun sekitar 10 menit. Air terjun terdekat yang bisa diakses dari tempat ini adalah air terjun Tiu Kelep, yakni dengan melanjutkan traking. Artinya gerbang masuknya sama dengan air terjun Sendang Gile.

Fasilitas yang disediakan di tempat ini cukup lengkap, ada musholla, kamar mandi, dan pada akhir pekan ada pedagang kaki lima yang dijajakan oleh masyarakat setempat. Ada jasa gaet di gerbang masuk yang bisa dimanfaatkan jika baru pertama kali mengunjungi tempat ini. Sangat disarankan menggunakan gaet (pemandu) jika anda bermaksud melanjutkan perjalanan ke air terjun Tiu Kelep.

Menikmati dinginnya air terjun yang tinggi ini tentunya akan lebih nikmat dan romantis jika ditemani pasangan halalmu ya, karena meski dingin kalian bisa berselimut dalam cinta. Eheemm.

Post a Comment for "5 Air Terjun Romantis di Pulau Lombok"