Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keutamaan Puasa Berdasarkan Hadits Nabi


Puasa memiliki keutamaan yang sangat banyak, terutama puasa Ramadhan. Dalam hadits Rasulullah Saw. banyak diungkapkan berbagai hikmah dan keutamaan ibadah puasa. Berikut penulis sebutkan beberapa keutamaan puasa yang didasarkan kepada keterangan dari nabi Muhammad Saw. Bahasan ini adalah terjemahan lepas dari kitab Risalatus Shiyam karangan Syekh Misbah bin Abi Bakar Al-Qorsi’ (Gersik) khususnya pada sub pembahasan Fadhoilus Shiyam ‘Keutamaan Puasa’.

Beberapa keutaman puasa berdasarkan keterangan dari nabi adalah sebagai berikut:

1.      Menghapus dosa dan kesalahan

Rasulullah Saw bersabda:

من صام رمضان إيمانا واحتسابا غفرله ما تقدم من ذنبه (متفق عليه)

Barang siapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan keikhlasan, maka Allah akan mengampuni seluruh dosa yang pernah dilakukannya.

 

2.      Meninggikan derajat dan melipatgandakan pahala

Rasulullah saw bersabda:

كل عمل ابن آدم يضاعف الحسنة عشرة أمثالها إلى سبعمائة ضعف قال الله عز وجل: إلا الصوم فإنه لي وأنا أجزيء به يدع طعامه وشهوته من أجلي (أخرجه أحمد و مسلم وابن ماجة)

Semua amalan kebaikan seseorang akan dilipatgandakan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipatan. Allah berfirman: Kecuali puasa, sesungguhnya puasa itu untuk-Ku, dan Akulah yang akan memberikan balasannya karena dia telah meninggalkan makanan dan syahwatnya karena-Ku.

 

3.      Kekhususan bagi seorang yang berpuasa dengan janji akan masuk syurga melalui pintu yang bernama ‘Royyan’ yakni salah satu pintu syurga yang berjumlah delapan pintu.

Rasulullah saw bersabda:

إن في الجنة بابا يقال له الريان، يدخل منه الصائمون يوم القيامه لا يدخل منه أحد غيرهم، يقال: أين الصائمون؟ فيقومون لا يدخل منه أحد غيرهم، فإذا دخلوا أغلق فلم يدخل منه أحد. (متفق عليه)

Sesungguhnya di dalam Syurga terdapat sebuah pintu yang dinamakan ‘Royyan’, pintu tersebut adalah pintu masuk orang-orang yang berpuasa pada hari kiamat tidak ada yang masuk selain mereka (orang-orang yang berpuasa). Dipanggil di hadapan pintu itu: dimana orang-orang yang berpuasa? maka kemudian mereka berdiri dan masuk. tidak ada selain mereka yang masuk. Apabila mereka telah masuk ditutuplah pintu itu dan tidak ada yang bisa masuk selain mereka.

 

4.      Orang yang berpuasa memilki dua kebahagiaan, kebagiaan saat berbuka puasa, dan kebahagiaan saat berjumpa dengan Tuhannya.

Rasulullah saw bersabda:

للصائم فرحتان فرحة عند فطره وفرحة عند لقاء ربه (رواه البخاري)

Bagi orang yang berpuasa ada dua kebahagiaan: satu kebahagiaan saat dia berbuka, dan satu kebahagiaan lainnya saat berjumpa dengan Tuhannya.

 

 

Post a Comment for "Keutamaan Puasa Berdasarkan Hadits Nabi "