Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jayakarta, Si Klasik dengan Pesona yang Eksotik

Sabtu kemarin, saya bersama keluarga menikmati liburan singkat di Pantai Batu Layar Lombok Barat. Saya menginap di Hotel Jayakarta Lombok, sebuah hotel yang cukup tua namun masih menyimpan pesona yang luar biasa. Sampai di Hotel sekitar pukul 2.10 siang. Kami langsung disambut petugas hotel dan diarahkan untuk chek in karena sudah memesan tiket melalui Traveloka. Petugas chek in ramah, dengan senyum yang terus terlempar.

Sejenak saya bersitirahat dengan duduk santai di Loby. Dari sudut-sudut hotel, bisa dilihat eksotisme yang tertanam dengan gaya klasik yang mengagumkan. Pintu-pintu dari ukiran, serta tiang-tiang yang mencirikan tiang bangunan khas kerajaan masa silam serta atap yang seperti tersusun dari kayu-kayu yang dipaku menjadi konfigurasi yang menguatkan kesan klasik tersebut.

Memasuki kamar hotel, saya langsung menyalakan hitter untuk selanjutnya membuat segelas kopi yang telah disediakan pihak hotel. Kamar yang kami pilih adalah kamar tipe Deluxe Garden View. Sesuai namanya dari Jendela kamar kami bisa menikmati pemandangan kebun kelapa dan taman hijau yang menentramkan. Desain kamar juga klasik. Lemari, meja belajar, ornamen penghias, juga geladak yang berbentuk seperti susunan kayu-kayu kekar yang saling berpegang erat menguatkan kesan tersebut. Ada pojok bersantai dengan meja dan bantalan duduk seperti di negeri tirai bambu. Fasilitas yang pas untuk menikmati kopi di sore dan pagi hari.

Saat sore tiba, setelah menikmati kopi, kami menikmati kolam renang yang tidak jauh dari kamar kami. Kolam renangnya juga bagus. Ada kolam untuk orang dewasa dan kolam untuk anak-anak. Saya sangat menikmati olah raga berenang di tempat ini. Anak saya juga begitu, dia begitu asyik menikmati kolam renang khusus anak. Dia dengan anak-anak dari tamu lainnya langsung akrab mandi bersama. Sepertinya hotel ini dikonsep ramah keluarga sehingga anak-anak juga bisa menikmati liburan dengan sepenuhnya. Ditambah pula dengan fasilitas outdor bagi anak-anak semakin menambah rasa senang mereka menikmati hari-hari di Hotel Jayakarta ini.

Dari kolam renang, kita bisa menikmati pantai batu layar yang masih biru dan bersih. Kita bisa olah raga pantai dengan berlari-lari di sekitar pantai, atau menggunakan track running di dekat kolam renang yang langsung berbatasan dengan pantai. Ada kafe yang menyediakan minuman kelapa muda, fasilitas yang tentunya bisa menjadi opsi setelah berolahraga.

Di sekitar kolam renang terdapat beberapa bangunan untuk fasilitas spa. Saya kebetulan tidak sempat mencoba fasilitas ini, tetapi nampak beberapa tamu yang menikmati dengan perasaan rileks yang terpancar dari jendela berkaca yang besar. Itu bisa menjadi indikator kepuasaan pelanggan tersebut. Sore hari bisa ditutup dengan menikmati sunset di pinggir pantai. Matahari yang terbenam di dekat pelukan Gunung Agung Bali, semakin memperelok senja itu.

Malam hari, kami hanya menghabiskan waktu di dalam hotel, menjelajah dunia menggunakan fasilitas wifi yang disediakan pihak hotel. Sesekali memesan makanan melalui aplikasi Gojek. Banyak kuliner yang bisa dijangkau di sekitar hotel ini.

Saat pagi hari, udara begitu segar, nafas pohon-pohon di sekitar bangunan terasa memenuhi paru-paru kami. Menikamati udara pagi dengan berjalan di pinggir pantai serta menelusuri pojok hotel terasa menentramkan dengan angin spoi yang meraba ubun-ubun.

Setelah bekeliling menelusuri area pantai depan hotel, kami kembali berolahraga renang di kolam meregangkan otot-otot yang berkerut karena padatnya aktivitas. Kegiatan tersebut kami akhiri dengan sarapan yang terdapat di dekat kolam renang. Ada cukup banyak varian menu yang disediakan, ada nasi putih, nasi goreng, roti, sossis, cococrunch, buah, dan beberapa jajanan lainnya. Disediakan kopi dan teh yang terasa khas. Menikmati sarapan sembari memandang biru lautan memupuk perasaan tentram di dalam kalbu.

Hotel Jayakarta menurut saya adalah hotel klasik dengan pesona yang eksotik. Bangunan yang meski tua namun unik, serta view yang sangat menarik menjadikan hotel ini tetap eksis dan mampu bersaing dengan hotel-hotel baru yang menawarkan konsep modern. Lain waktu kami sepertinya akan kembali menikmati senja dan pagi di hotel ini.