Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Kunjungan Wisata ke Taman Safari Indonesia Prigen Pasuruan Terbaru 2020

Tanggal 15 Desember 2020 kami sekeluarga berkunjung ke Taman Safari Indonesia II Prigen Pasuruan. Kunjungan tersebut merupakan liburan pertama kami sejak pandemi covid-19 merebak. Ada pengalaman luar biasa yang kami temukan, terutama tentang kehidupan satwa yang luar biasa. Perjalanan kami berangkat dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Setelah singgah di Sidoarjo kami menuju Taman Safari Indonesia keesokan harinya. Perjalanan dari Sidoarjo ke tempat wisata tersebut sekitar 45 menit dengan menggunakan jalur tol. Penggunaan jalur non-tol mungkin akan menambah durasi.

Sebelumnya, 3 hari sebelum kunjungan, kami sudah booking tiket menggunakan aplikasi Traveloka. Disamping untuk meminimalisir kontak fisik, juga karena booking lewat aplikasi memiliki potongan harga tersendiri. Sesampai di gerbang Taman Safari kami langung chek in, jam saat itu menunjukkan jam 10 kurang 15 menit. Perlu dicatat Taman Safari Indonesia 2 ini telah diberikan sertifikat standar berwisata dengan protokol kesehatan covid-19, oleh karena itu saat memasuki area wisata, para pengunjung akan diperiksa penggunaan masker, dan suhu tubuh. Selain itu, ada gerbang semprot cairan desinfektan saat memasuki wahana yang ada. Dan tentunya selalu terdegar himbauan dari pengeras suara tentang pentingnya jaga jarak dan cuci tangan secara berkala menggunakan sabun.

Beberapa area di Taman Safari Prigen

Memasuki arena pertama yakni medan adventure (Safari Adventure), kita langsung disuguhkan dengan hutan hijau dengan berbagai hewan-hewan yang ada. Di dalamnya ada bagian-bagian yang dibatasi dengan gerbang besar yang berpintu listrik. Ada bagian satwa Afrika, ada bagian satwa Arab, juga satwa Australia. Selain klasifikasi geografi, klasifikasi tempat hewan juga dilakukan dengan pemetaan jenis seperti arena harimau, arena singa, arena, kijang, bison, unta, dan lain sebagainya.

Sungguh pengalaman yang luar biasa, saat memasuki gerbang medan singa, dimana himbauan untuk tidak membuka kaca mobil terpampang besar untuk mengingatkan para pengunjung. Auman singa jantan segera menyambut kami. “apakah dia menggunakan speaker?” tanya istri saya yang sepertinya baru mendengar auman singa secara langsung. “tentu saja tidak” jawab saya singkat. Semua yang ada di mobil tertawa, “siapa yang begitu berani akan memberikan si singa mikrophone?”.

Sembari melewati bagian ini, beberapa kali kami mengabadikan foto para singa juga dengan menjadikan mereka latar dari foto kami dari dalam mobil. Satu persatu hewan-hewan yang sebelumnya kami lihat lewat layar televisi, nampak di hadapan mata  kami secara nyata. Kami terbawa ke dalam dunia satwa yang sungguh-sungguh real. Bahkan saat menyaksikan hewan-hewan yang habitatnya di luar negeri, tak henti kekaguman dan keheranan melihatnya.

Beberapa menit setelahnya kami memasuki wilayah hewan yang lain, kali ini melewati arena kijang, kami berkesempatan memberikan makanan kepada mereka dengan wortel yang kami beli sebelumnya di sepanjang perjalanan menuju tempat wisata itu, harga per ikatnya 10.000 rupiah. Hewan-hewan tersebut terlihat sangat menikmati sajian yang kami berikan, lucu dan gemas tentunya. Anak kami juga tidak ketinggalan mencoba memberikan makanan melalui jendela mobil tengan kaca yang dibuka hanya seukuran wortel bisa dikeluarkan.

Hewan-hewan tersebut seperti telah terbiasa bercengkrama dengan para pengunjung, seolah tidak memiliki rasa takut pada mobil-mobil pengunjung, mereka dengan santai mendatangi mobil para pengunjung untuk meminta makanan dari mereka. Beberapa hewan kera juga terlihat begitu enjoy duduk di spion mobil salah satu pengunjung. Benar-benar pemandangan yang luar biasa.

Setelah berkendara sekitar 1 jam, area adventure berakhir dengan arena unta dan gajah. Hewan yang notabene merupakan hewan luar negeri tersebut nampak begitu perkasa saat melewati kandang mereka. Unta yang kami temui juga ada dua jenis, yakni unta dengan punguk 1 dan 2. Serasa berada di padang pasir, meski sejatinya kami berada di tengah hutan yang hijau. Ohya, perlu dicatat, tidak semua hewan yang berada di taman safari ini boleh diberi makanan oleh pengungjung, hewan-hewan tertenu dipampang papan peringatan untuk tidak memberikan mereka makanan. Ini mungkin karena kesesuaian makanan mereka atau untuk keamanan pengungjung.

Wahana hiburan di Taman Safari Prigen

Setelah area adventure habis, kami memasuki parkiran untuk memasuki wahana bermain anak dan pertunjukan hewan (animal presentation). Ada banyak wahana permainan anak di tempat ini, semuanya bebas akses, inklud dengan harga tiket masuk. Ada arena mobil, wisata kereta, bianglala, serta berbagai wahana lain yang ramah anak.

Setelah mencoba beberapa wahana di area ini kami melanjutkan aktivitas guna mengunjungi beberapa arena persentasi hewan. Karena kami berkunjung bukan pada hari weekend (sabtu-minggu), pertunjukan binatang yang bisa kami saksikan juga terbatas, yakni hanya ada 4 pertunjukkan yang mana pada waktu weekend terdapt 8 pertunjukan hewan.

Di pertunjukan-pertunjukan tersebut, kita bisa belajar banyak tentang dunia hewan juga bisa mengedukasi anak-anak tentang pentingnya menjaga kehidupan satwa dengan cara menyayangi mereka dan menjaga tempat hidup mereka.

Fasilitas di Taman Safari Prigen

Menurut saya, fasilitas di taman safari ini sudah cukup lengkap, kamar mandi, tempat ibadah, pusat jajanan, serta sudut-sudut bersantai berupa kursi di titik tertentu. Tak ketinggalan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di dekat restoran taman safari. Namun demikian, kami sarankan untuk menggunakan baju yang ringan dan lebih bersifat outdoor, karena perjalanan dari wahana bermain ke beberapa arena pertunjukan hewan cukup jauh sehingga menuntut aktifitas fisik yang tidak sedikit. Ohya, sebagai navigasi saat berada di tempat wisata, pengelola telah menyediakan peta tempat wisata sebagai pegangan wisatawan diberikan bersamaan dengan tiket saat chek in waktu kedatangan.

 Peta arena wisata Taman Safari Prigen

Kami sangat terhibur dan mendapatkan pelajaran yang banyak dengan berkunjung ke tempat wisata ini. Ke depannya kami akan agendakan berkunjung ke Taman Safari Indonesia Prigen pada waktu-waktu libur selanjutnya.   


Post a Comment for "Review Kunjungan Wisata ke Taman Safari Indonesia Prigen Pasuruan Terbaru 2020"