Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ngeblog Bukan Hanya Tentang Adsense

 


Saya ngeblog sejak tahun 2010. Sejak saat itu saya tidak mengenal banyak tentang Google Adsense. Saya mengenal GA justru baru beberapa bulan yang lalu. Saya pun iseng mendaftarkan blog saya. Karena kunjungan yang sudah banyak, saya tidak mendapatkan masalah saat aprove akun. Hanya dalam satu kali pengajuan blog saya lansung diterima pihak Google Adsense. Tapi menurut saya ngeblog bukan hanya tentang Adsense!

Bagi saya, ngeblog adalah tentang membiasakan menulis. Oleh karena itu, blog hanyalah ruang bereksplorasi untuk menuangkan pikiran dan perasaan melalui tulisan. Benar saja, blog telah ikut membentuk kemampuan menulis saya, perlahan dan pasti kemampuan menulis saya terus tumbuh karena media blog.

Tulisan-tulisan saya semuanya adalah tentang apa saja yang saya lihat, apa yang lakukan dan beberapa tugas akademik yang sudah pernah saya susun untuk kepentingan akademik. Pada prinsipnya saya ngeblog hanya untuk mengisi waktu luang saya dengan berbagai pohon inspirasi yang mengelilingi.

Kesalahan bloger pemula

Belakangan saya melihat banyak blogger yang baru buat blog langsung sibuk mencari cara untuk diaprove adsense. Sejak mula mereka telah membentuk mainset mereka bahwa “ngeblog adalah tentang mendapatkan uang.” Sikap itu tentunya tidak sepenuhnya salah. Namun jika hal itu menjadi prioritas maka kreatifitas menulislah yang akan menadi korban. Sejak mula seorang sudah dikejar-kejar adsense dalam ngeblog, akhirnya dia mencari cara untuk menembus tembok tersebut. Sibuk belajar SEO, sibuk desain template, sibuk backlink, serta berbagai istilah bloging lainnya yang mendukung untuk menembus tembok adsense.

Akhirnya mereka lupa proses sesungguhnya dalam ngeblog, yakni menulis! Sesungguhnya apapun yang dibangun dengan dasar yang kuat akan awet, dan yang dibangun dengan dasar yang lemah akan cepat roboh. Ngeblog dengan motivasi untuk mengasah kemampuan menulis, akan menjadikan seseorang menjadi bloger yang mapan. Sebaliknya, seorang bloger yang dari awal telah mengambisi adsene, akan tergilas oleh kebosanan dan kepenatan.

Ngeblog adalah melatih otak

Menulis sejatinya adalah proses panjang yang tidak bisa dilakukan secara sederhana dan instan. Di dalamnya proses membaca, berpikir, merefleksi menjadi kesatuan. Selain itu, menulis adalah upaya memanjang umur. Sebagaimana dikatakan Pramoedya, “Menulis adalah bekerja untuk keabadian”. Artinya umur kita mungkin akan terbatas pada angka, tetapi karya kita akan mengabadi dalam lautan literasi generasi setelahnya.

Dalam ngeblog kita mengkobinasikan berbagai potensi, yakni membaca, mengkaji, berdiskusi, yang kemdian melahirkan tulisan. Ini adalah proses latihan otak yang penting. Otak sebagaimana diketahui selalu membutuhkan nutrisi dan latihan untuk mengasah potensinya. Ngeblog dengan demikian adalah melatih otak untuk terbiasa melihat problem di sekitar kita dan menuangkannya dalam tulisan sebagai refleksi maupun solusi.

Ngeblog sebagai ruang rekreasi

Di sisi lain, ngeblog ketika dilakukan dengan enjoy, akan menjadi wadah rekreasi. Pernahkah anda merasakan karena begitu terbiasanya menulis, sehingga saat anda lupa menulis sehari saja, seperti ada yang kurang? Nah, pada  titik tertentu saat sumpek memenuhi kepala, seseorang yang sudah terbiasa dengan menulis akan merasa bahwa menulis adalah ruang rekreasi yang menarik. Dengan alasan ini, ngeblog sejatinya adalah rekreasi yang akan merefresh jiwa-jiwa yang tersekap kegalauan.

Telah banyak catatan-catatan ilmiah yang menunjukkan betapa menulis adalah salah satu obat stres bagi mereka yang disekap berbagai persoalan hidup. Hal ini bisa kita rasakan sendiri saat menuliskan puisi untuk mewakili gumpal perasaan tertentu. Ketika seseorang telah terbiasa mereferesh diri dengan menulis, maka menulis setara dengan mengujungi pantai, gunung, sungai, dan lain sebagainya. Jadi ngeblog adalah salah satu alternatif rekreasi untuk melegakan jiwa kita.

Jadi jika anda adalah seorang pemula dalam ngeblog, maka penting untuk memperhatikan prinsip ini, bahwa ngeblog tidak melulu tentang adsense. Ada hal lain yang lebih prinsipil, yang perlu dibangun dalam pondasi ngeblog, yakni keinginan kuat untuk belajar dan mengasah kemampuan menulis. Prinsip inilah yang pada  kemudian hari akan membentuk anda menjadi seorang penulis blog yang hebat, sesuatu yang tidak mungkin sanggup dibayar oleh Google Adsense sekalipun!

Sumber gambar: pexels.com

16 comments for "Ngeblog Bukan Hanya Tentang Adsense"

  1. saya setuju dengan kesalahan blogger pemula, akhir2 ini banyak yang buat blog hanya untuk menghasilkan uang dngan Adsense. Sebenarnya itu tidak salah sih. tp haru diutamakan dulu adalah bgmn blog kita masuk di pageone google atau setidaknya dengan meningkatkan banyak pengujung. dan terus menulis artikel yang berkualitas.

    Ditunggu kunjungan baliknya. terima kasih :)

    ReplyDelete
  2. Saya pemula, impian saya tulisan² saya memberikan pencerahan, baik bagi diri saya sendiri, maupun orang lain, sebaik baiknya manusia adalah yg bermanfaat untuk orang lain. Mohon bimbingannya 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segala sesuatu membutuhkan pembiasaan, termasuk ngeblog sangat menuntut konsistensi. Terus saja menulis, titik itu pasti akan tiba...

      Delete
  3. Saya ketika mendaftarkan ke GA berharap diterima ga terlalu banyak namun justru diapprove pihak GA sangat cepat dan g nyangka bisa diterima secepat ini.
    Tulisan ini menyadarkan tujuan ngeblog sebenarnya.terima kasih.boleh ditunggu kunjungan baliknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Mana situsnya broo, kok nol postingan?
      Terima kasih atas kunjungannya..

      Delete