Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kondisi Jalur Tracking Menuju Air Terjun Mangku Sakti Terbaru 2020



Jika anda belum pernah berkunjung ke Air Terjun Mangku Sakti, anda mungkin bisa membuka tayangan di Youtube. Namun demikian, ada perubahan drastis yang terlihat di air terjun tersebut, terutama saat di perjalanan. Tulisan ini akan mereview secara ringkas perjalanan ke air terjun tersebut.

Dimana Air terjun Mangku Sakti?

Air terjun Mangku Sakti adalah wisata alam yang terdapat di dusun Bilok Petung, desa Sajang, Kecamatan Sembalun. Gerbang tracking-nya berada sekitar 3 Kilometer dari pusat desa Sembalun. Kami berkunjung ke tempat ini beberapa waktu lalu.  

Berangkat dari gerbang sekitar jam 10.30. Masuk menggunakan sepeda motor dengan tekstur jalur bertanah. Beberapa kilo setelahnya kondisi jalan semakin memburuk. Jalanan dipenuhi krikil-krikil padat yang membentuk tekstur tanah tidak rata. Semakin ke dalam, jalanan semakin kurang bersahabat. Disarankan jika mengunjungi tempat ini menggunakan sepeda motor (terutama yang bertransmisi manual), karena jika menggunakan mobil, maka letak parkirnya akan sangat jauh, dan tentunya akan membuat waktu untuk menuju air terjun semakin lama.

Perjalanan ke air terjun benar-benar menguras energi dan emosi. Bagaimana tidak, jalanan yang nampak semakin terlihat memerangi. Ditambah lagi dengan kondisi pinggir jalan yang dipenuhi semak-semak yang berukuran kurang lebih satu meter, pada posisi tertentu tingginya lebih dari itu. Hal tersebut akan membuat pandangan pengendara motor tidak leluasa ke depan.

Bagaimana sinyal internet?

Meskipun dari kami ada yang pernah ke air terjun tersebut, namun perjalanan kemarin itu benar-benar tidak terprediksikan. Banyak jalur yang tertutup rerumputan tinggi. Terhitung tiga kali kami mengalami sesat jalan. Menggunakan GPS tentu saja tidak bisa, karena semakin memasuki perhutanan, jaringan seluller sudah tidak terjangkau. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu bertanya kepada penduduk setempat yang mungkin kebetulan sedang berada di perkebunan mereka sebagai navigasi manual agar mendapatkan jalur yang benar.

Mendekati tempat parkiran air terjun, jalanan akan semakin menurun. Dulu kata teman saya, jalanan tersebut bagus, disemen. Tapi ketika kunjungan kemarin, jalanan sudah banyak yang retak. Semenan yang dipasang terkelupas. Semak-semak tumbuh menutup jalan. Benar-benar seperti mencari jalan baru. Kami beruntung ada rombongan lain yang datang di belakang kami, yang kebetulan sudah sering kesana. Dia ingat betul perjalanan kesana sehingga bisa mengulik jalur dengan benar.

Akhirnya setelah perjalanan yang melelahkan selama 1,5 jam, kami sampai di parkiran yang nampaknya sudah tak terurus. Ini mungkin disebabkan karena tempat wisata tersebut sudah ditutup untuk umum kurang lebih 4 bulan. Maka, kunjungan saya kemarin seolah membuka jalur kembali.

Dari tempat parkiran, kami berjalan menuju lokasi air terjun sekitar 15 menit. Dan setelah perjalanan yang melelahkan itu, kami akhirnya sampai di air terjun yang super cantik itu. Seperti namanya, dia memang sakti. Seperti pendekar di layar televisi. Dan pastinya, pemandangannya membayar dengan cash setiap rasa lelah yang terjewantah.

Beberapa saran mungkin perlu diperhatikan bagi yang mau berkunjung ke tempat ini. Pertama, bawalah bekal dari rumah atau dari perjalanan yang masih menyediakan sembako maupun nasi bungkus. Hal ini karena di wisata ini masih belum terlihat penjual makanan yang aktif. Kedua, gunakan pakaian lengan panjang baik baju maupun celana, karena jalur yang dilewati dipenuhi rumput-rumput panjang yang berduri karena akan berpotensi merobek kulit. 

Ketiga, gunakan sepeda motor yang mampu melibas medan berbatu karena 90 persen jalur setelah jalanan tanah, berkarakter seperti seperti tekstur tanah pegunungan, berkerikir dan bergelombang. Keempat siapkan air minum secukupnya, karena karakter air di air terjun Mangku Sakti ini tidak bisa diminum. Air belerang. Iya, karena memang sumbernya dari danau Segara Anak di gunung Rinjani yang airnya terkontaminasi belerang. Selamat jalan-jalan pastikan anda mematuhi protokol berwisata di era pandemi ya!  salam. (MY WAY)


Post a Comment for "Kondisi Jalur Tracking Menuju Air Terjun Mangku Sakti Terbaru 2020"