Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Booking Online Pendakian Gunung Rinjani 2020 Melalui Aplikasi e-Rinjani

Tanggal 22 Agustus 2020, TNGR telah resmi membuka gunung Rinjani untuk aktivitas pendakian. Namun perlu diperhatikan, bagi para pendaki yang ingin melakukan pendakian, wajib melakukan pendaftaran melalui aplikasi e-Rinjani yang bisa didowload di Playstore. Ada banyak teman yang menanyakan tentang pendaftaran karena di sistem aplikasi menggunakan bahasa inggris, hehe. Oleh karena itu, dalam tulisan ini saya akan berbagi cara mendaftar online di aplikasi tersebut. Sebelumnya, pastikan email yang anda masukkan aktif, karena tiket online akan dikirim via email.

1.      Download  dan buka aplikasi e-Rinjani di Playstore

2.      Registrasi akun anda dengan mengklik tombol “Register a new account” yang berwarna hijau.

3.      Setelah masuk di dalam aplikasi, perhatikan tombol berwarna biru yang tertulis “book ticket”

4.      Dengan menekan tombol tersebut, anda akan diarahkan ke menu booking yang mana di dalamnya terdapat tarif pendakian.

5.      Isikan kolom “Number of Person” dengan jumlah orang atau tim yang akan mendaki (maksimal 6 orang -aturan pendakian di era pandemi Covid-19).

6.      Kemudian klik tombol dibawahnya “Entrance Gate”. Anda bisa memilih 4 jalur pendakian resmi, yakni jalur Sembalun, Senaru, Aik Berik, Timbanuh.

7.      Dibawah kolom tersebut pilih waktu (tanggal pendakian) chek in dan chek out. (maksimal durasi pendakian 2 hari satu malam).

8.      Klik tombol “Chek Quota” untuk memastikan anda mendapatkan quota pendakian atau tidak pada tanggal yang dipilih.

9.      Pada layar menu akan terlihat jalur yang menyisakan quota. (jalur yang quotanya penuh, tidak akan bisa diklik). Pilih salah satu.

10.  Jika ada quota maka akan ada pemberitahuan bercentang hijau “Your trecking schedule is available.” Jika tidak ada quota, laporan yang muncul berwarna merah “not available”.

11.  Masukkan nama-nama tim pendaki beserta nomor NIK yang dimiliki dengan mengklik “Add Guest Data”.  

12.  Jika anda mengunakan jasa travel tertentu, isikan di bawah kolom “Add Guest Data”





13.  Setelah mengisi data pendaki, klik tombol oke, dan akan muncul total biaya yang harus dibayar.  Centang syarat dan ketentuan, kemudian klik “book”.

14.  Jumlah tagihan akan muncul stelah mengklik “book” dengan nomer rekening tujuan transfer (BNI). Setelah membayar, pendaftaran akan otomatis terkomfirmasi tidak lebih dari 15 menit. Waktu transfer yang disediakan maksimal 3 jam. Melewati waktu tersebut, booking akan dicancel otomatis.

15.  Pembayaran terkonfirmasi, tiket akan segera akan dikirim ke Email yang bersangkutan.

Demikian cara booking online pendakian Gunung Rinjani, semoga bermanfaat. Pastikan anda membawa KTP saat akan berangkat mendaki untuk konfirmasi data e-tiket anda. Jika masih bingung atau mengalami kendala dalam pendaftaran, bisa menghubungi kontak blog ini, jika ada kesepakatan akan dibantu. Hehe.

Post a Comment for "Cara Booking Online Pendakian Gunung Rinjani 2020 Melalui Aplikasi e-Rinjani"

Berlangganan via Email